Kamis, 08 Oktober 2009

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Perkembangan komputer saat ini sangatlah berperan di berbagai bidang, terutama kemampuannya yang baik dalam mengolah data dan informasi. Informasi merupakan komoditi strategis (mahal dan penting) yang diperlukan untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, terutama dalam menghadapi laju perkembangan industri. Untuk itu, pemantauan mendapatkan informasi yang cepat sangat diperlukan, khususnya peluang usaha untuk men-dukung upaya peningkatan ekspor hasil teknologi, pemantauan kebijakan pe-merintah, dll.

Komputer membantu user untuk mendukung pekerjaannya, sehingga banyak data yang diorganisasikan oleh komputer dapat dimanfaatkan dalam pembuatan laporan sebagai pendukung keputusan dan menyajikan hasil laporan yang dibutuhkan bagi pihak internal maupun pihak eksternal. Tekhnologi yang diterapkan saat ini mendukung pekerjaan- pekerjaan manual yang memerlukan waktu lama dalam mengolah atau memproses semua data yang dijadikan sebagai sumber dalam suatu pekerjaan.

Teknologi informasi saat ini didukung oleh sebuah system yang dinamakan system informasi yaitu suatu kesatuan yang terintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu terkait sebuah pengolahan data yang akan menghasilkan suatu informasi dengan berbatuan tekhnologi informasi yang akan mendukung berjalannya system tersebut.

Sistem informasi banyak diterapkan di beberapa aspek yang ada dalam bidang apapun karena sangat membantu untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan sehingga akan dapat menghasilkan hasil optimal berupa hasil olah data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sistem Informasi yang banyak diterapkan saat ini antara lain adalah Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi , dimana system ini dapat membantu proses bisnis secara administrative dalam lembaga maupun instansi tertentu yang memerlukan pengolahan data yang relative banyak dan memerlukan batuan tekhnologi untuk mempercepat dan mempermudah pengolahan data.

Pengembangan sistem adalah aktivitas untuk menghasilkan sistem informasi berbasis komputer untuk menyelesaikan persoalan (problem) organisasi atau memanfaatkan kesempatan (opportunities) yang timbul. Sistem informasi ini dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan kepentingan pengguna apabila system informasi ini sudah mampu menhasilkan suatu Output yang sesuai dengan input dan sesuai dengan hasil yang dibutuhkan oleh pengguna.Apabila dalam system ini belum mempunyai atau belum menghasilkan suatu output yang dibutuhkan atau diinginkan oleh pengguna maka ini belum bias dikatakan sebuah system. Dalam suatu system ada tiga komponen yang tidak dapat dipisahkan yaitu:

1. Input

Dimana kita mencari dan mengumpulkan data kemudian dimasukkan ke sebuah system.

2. Proses

Dimana data – data yang sudah dikumpulkan dan dimasukkan ke system kemudian di proses.

3. Output

Dimana semua input sudah dip roses kemudian mengahilkan sebuah keluaran yang di butuhkan pengguna atau user.

Sistem Informasi memberikan pengguna sebuah fasilitas bertenknologi untuk dapat mneghasilkan informasi yang benar, akurat, cepat, dan terpecaya. Dalam system informasi kita dituntut untuk menganalisa system.

Dalam system informasi akuntansi kita membahas tentang pemrosesan akuntansi atau dalam masalah bisnis. Dan ada pula system informasi manajemen yang juga diajarkan untuk mengelola perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar