Kamis, 08 Oktober 2009

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

Bahasa adalah salah satu alat berkomunikasi antar sesama manusia dalam suatu area atau wilayah tertentu. Negara Indonesia mempunyai beragam bahasa daerah namun bangsa Indonesia menggunakan Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahsa persatuan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan untuk berkomunikasi antar suku-suku yang beragam di negara Indonesia agar bisa menyamakan persepsi atau pandangan akan arti sebuah berita atau info yang akan disampaikan. Dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, keterampilan penggunaan bahasa itu merupakan kunci penting bagi pengguna bahasa untuk dapat berkomunikasi dengan benar sesuai maksud dan arti dari informasi atau berita yang akan disampaikan melalui percakapan atau dialog tertentu.
Bhasa Indonesia juga memiliki aturan tertentu untuk dapat digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan alat komunikasi yang mempermudah hubungan antar sesame manusia.
Berbicara tentang Bahasa Indonesia terlebih dahulu harus paham pengertian apa arti sebenarnya Bahasa. Sejarah umat manusia di muka bumi ini telah mencatat bahwa tidak ada satupun bangsa yang tidak mempunyai bahasa. Hanya dengan bahasa manusia dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran serta memahami perbuatan satu sama lain.
Bahasa merupakan suatu bagian yang sangat esensial dari manusia untuk menyatakan dirinya maupun tentang dunia nyata. Tidak mungkin rasanya kalau bahasa seolah – olah hanya menjadi alat untuk menggambarkan pikiran dan perasaan saja.
Pada dasarnya bahasa berhubungan langsung dengan persepsi manusia dan menggambarkan bagaimana ia menciptakan dunia dan mewarnainya dengan symbol – symbol yang digunakan.
Bahasa merupakan media atau sarana bagi manusia yang berpikir dan berkata tentang suatu gagasan sehingga dikatakan bahwa pengetahuan itu adalah bahasa. Apa yang diungkapkan melalui bahasa merupakan lambing dari dunia nyata, dunia yang dilihat secara konkrit maupun penggambaran konsep – konsep lain yang abstak. Bagi manusia, bahasa merupakan factor utama yang menghasilkan persepsi, pendapat dan pengetahuan.
Studi tentang bahasa merupakan studi yang penting mengenai cara manusia hidup, berpikir, berpengetahuan, menyusun konsep tentang dunianya kemudian mengungkapkannya secara lisan maupun tulisan. Bahasa merupakan petunjuk, dan kekayaan pengetahuan suatu bangsa bagaimana mengkonsepkan dunianya. Untuk komunikasi verbal, bahasa dipandang sebagai suatu wahana penggunaan tanda – tanda atau symbol – symbol untuk menjelaskan suatu konsep tertentu. Bahasa memiliki kekayaan simbolisasi verbal dan dipandang sebagai upaya manusia mendayagunakan informasi yang bersumber dari persepsi manusia, sebagai media berkomunikasi secara santun dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.
Bahasa juga mempunyai fungsi. Fungsi bahasa secara umum adalah alat berekspresi, berkomunikasi dan alat mengadakan integrasi dan adaptasi social. Sedangkan funsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari – hari, mewujudkan seni (sastra), mempelajari naskah – naskah lama dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.



Adapun definisi bahasa :
1. Suatu system untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan
2. Suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep nyata kedalam pikiran orang lain
3. Suatu kesatuan system makna
4. Suatu kode yang digunakan oleh pakar linguistic untuk membedakan antara bentuk dan makna
5. Satu ucapan yang menepati tata bahsa yang telah ditetapkan
6. Satu system yang akan dipahami oleh masyarakat

Bahasa menjadi identitas suatu bangsa. Melalui bahasaa orang dapat mengidentifikasi kelompok masyarakat, bahkan dapat mengenali prilaku dan kepribadian masyarakat penuturnya. Oleh karena itu, masalah kebahasaan tidak terlepas dari kehidupan masyarakat penuturnya.
Ilmu bahasa adalah menyangkut cara berpikir yang sistematis, kemampuan verbal yang baik, observasi yang cermat, pengetahuan umum dan lain – lain karena pada dasarnya menyangkut orang banyak maupun antar manusia.Penjelasan serta argumentasi yang baik dalam bahsa yang baik dan benar dapat merangsang keingintahuan dan membantu untuk memahami suatu konsep secara lebih matang melalui pemilihan kosa kata, merangkai kata – kata maupun menjadi sebuah media untuk berkomunikasi dengan baik.
Bahasa bukan sekedar untuk melek huruf atau fasih kaidah – kaidah gramatikal, tetapi mengajarkan membaca dunia dan alam lingkungan melalui control bahasa. Tidak sekedar membuat kalimat yang baik, tetapi sekaligus menafsir, mengkritisi praktik wacan dalam berkomunikasi baik visual maupun literal.
Sampai saat ini penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang baik dan benar masih kurang. Hal itu disebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia Indonesia untuk mempergunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – hari secara baik dan benar. Dan juga itu semua disebabkan oleh kebiasaan manusia Indonesia untuk menggunakan bahasa yang tidak baku ( bahasa gaul ). Sebenarnya Bahasa Indonesia dapat dipergunakan dengan baik oleh manusia Indonesia dengan membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan. Itu sebabnya bahasa Indonesia harus dipertahankan oleh Bangsa Indonesia. Kita juga harus bangga dengan Bahasa Indonesia karena bahasa inilah yang sudah mendarah daging pada kita.
Sebenarnya dengan adanya atau dengan membesarkan bahasa lain di Indonesia ini adalah bencana besar bagi Negara ini karena secara tidak langsung kita telah dijajah oleh Negara yang bahasanya telah masuk ke Negara tercinta kita ini. Sekarang tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menjaga dan mempertahankan Bahasa persatuan kita yaitu Bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar